Tuesday, June 9, 2015

Tajamnya Hujaman Sipiso-piso

Berbicara mengenai traveling, pasti sobat semua yang menyukainya bukan. Banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Indonesia, salah satunya adalah air terjun. Untuk yang satu ini, saya punya rekomendasi destinasi wisata yang menarik untuk sobat kunjungi yaitu Air Terjun Sipiso-piso. Air Terjun Sipiso-piso merupakan salah satu air terjun yang ada di Sumatra Utara, tepatnya di desa Tongging kec. Merek kab. Karo, sekitar 90 km dari kota Medan.

Air Terjun Sipiso-piso merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Dengan ketinggian sekitar 120 meter, air terjun ini berada di posisi ke-4 tertinggi setelah Air Terjun Sigura-gura (250 m), Air Terjun Madakaripura (200 m), dan Air TerjunPayakumbuh (150 m).  Air terjun ini sendiri memiliki nama yang berasal dari bahasa daerah setempat (Bahasa Karo) yaitu Piso yang artinya adalah pisau. Derasnya hujaman air yang jatuh dari ketinggian 120 meter diibaratkan sebagai tusukan-tusukan pisau yang tajam oleh masyarakat Karo sehingga dinamakan Sipiso-piso.

Air terjun ini akan membuat sobat terpana dengan keindahannya. Suara air yang menderu dengan hujaman yang tajam akan merayu sobat untuk menghampirinya. Dari Penatapen (tempat memandang/menatap) kita dapat menuruni ribuan anak tangga untuk mencapai lokasi air terjun. Ketika turun, rasanya tidak terlalu melelahkan. Tetapi kita juga harus berhati-hati karena terdapat di sisi kiri maupun kanan jalan. Di tengah jalan, tidak ada salahnya jika sobat mengabadikan momen-momen tertentu untuk dijadikan kenangan. Semakin dekat dengan titik jatuhnya air terjun, suara deburan air akan semakin jelas terdengar dan ingin segera bermain air. Ketika tiba dibawah, sobat dapat bermain air dan berbasah ria dengan tetap berfoto bersama sahabat maupun keluarga. 



Setelah puas bermain air, saatnya kembali ke atas sob, masih dengan anak tangga yang sama. Tapi akan sangat melelahkan ketika naik ke atas, sobat bakal ngos-ngosan. Tapi itu bukan masalah karena kita bisa istirahat sejenak dan memandang keindahan danau Toba maupun Sipiso-piso. Selain itu, dengan latar danau Toba ataupun Sipiso-piso sobat dapat mengambil gambar yang epic. 

Sesampainya di atas, sobat bisa bersantai sejenak di bawah pohon-pohon rindang sambil menikmati indahnya danau Toba dan Sipiso-piso. Kalau sobat lapar atau haus, sobat bisa melampiaskannya di kantin yang ada di lokasi ini. Dan yang terakhir ni sob, kita juga bisa membeli souvenir sebagai kenang-kenangan sebelum meninggalkan lokasi.

Lokasi Air Terjun Sipiso-piso   : Desa Tongging, Kec. Merek, Kab. Karo, Sumatera Utara. Sekitar 90 km dari kota Medan

Akses menuju lokasi                 : jika sobat menggunakan transportasi umum, dari Medan sobat bisa menaiki bus jurusan Medan-Kabanjahe seperti Sinabung Jaya, Sutra, dan Murni. Selanjutnya dari Kabanjehe ssobat naik bus Jurusan Kabanjahe-Pematang Siantarseperti Sepadan dan turun di Merek. Dari Merek sobat dapat menggunakan angkot atau becak untuk menuju lokasi.
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment