Wednesday, December 4, 2013

Merindukan Jl. Kiras Bangun di Kota Medan


Jika berkeliling ke suatu daerah ataupun kota, pasti kita sering melihat suatu papan kecil di ujung jalan yang bertuliskan (contoh) Jl. Soekarno-Hatta, Jl. Prof. M. Yamin, dan lain-lain. Pernahkah anda bertanya dalam hati "Mengapa nama jalan itu dibuat seperti itu?".
Umumnya, nama Pahlawan ditabalkan di jalan arteri atau jalan protokol di suatu kota. Seperti contoh yang telah saya sebutkan di atas, kita mengenal Jl. Soekarno-Hatta yang banyak digunakan sebagai jalan protokol di kota besar di Indonesia. Atau nama Pahlawan lainnya yang ditabalkan sebagai nama jalan di suatu kota.
 
Memang sudah sepantasnya nama Pahlawan lokal diabadikan sebagai nama jalan di suatu kota, apalagi jika sosok tersebut adalah seorang Pahlawan Nasional. Disini saya mengangkat sosok Kiras Bangun atau Garamata yang merupakan seorang Pahlawan Nasional yang berasal dari Suku Karo di Sumatra Utara. Kiras Bangun dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Susilo Bambang Yodhoyono pada 9 November 2005 .
 
Melihat bahwa Kiras Bangun adalah seorang Pahlawan Nasional, jadi sudah sepantasnya jugalah nama Kiras Bangun ditabalkan sebagai nama jalan protokol di kota Medan. Perlu diketahui bahwa sampai saat ini belum ada Jl. Kiras Bangun di Kota Medan. Pemda setempat terkesan lamban atau memang tidak berencana menabalkan nama Kiras Bangun sebagai nama jalan protokol di Kota Medan.

 
Penduduk Sumut, khususnya Suku Karo sudah lama memimpikan dan merindukan Jl. Kiras Bangun di kota Medan dimana sampai saat ini belum terealisasikan. Untuk mewujudkannya, sepertinya masyarakan beserta organisasi kepemudaan Karo memang harus mengusulkan permohonan tertulis yang ditujukan langsung kepada Gubernur Sumut (karena tak ada inisiatif dari Pemda).
 
Melalui tulisan ini saya mengajak masyarakat dan organisasi kepemudaan Karo untuk segera bertindak agar kerinduan akan Jl. Kiras Bangun dapat terobati dan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri di kalangan Suku Karo. Di lain sisi, masyarakat awam juga akan semakin mengenal sosok Kiras Bangun yang merupakan Pahlawan Nasional dari Suku Karo (Sumatra Utara).
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment