Thursday, November 13, 2014

Djamin Gintings Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional

Patung Djamin Ginting di Taman Mejuah-juah Berastagi

Setelah menunggu sekian lama, akhirnya Letjen (Purn) Djamin Gintings dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden RI ke-7 Joko Widodo pada tanggal 07 November kemarin. Djamin Gintings merupakan Putra Karo kedua yang dianugerahi gelar Pahlawan Nasional setelah sebelumnya pada tahun 2005 Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudoyono menganugerahi gelar Pahlawan Nasional kepada Kiras Bangun (Garamata).
 
Djamin Gintings merupakan Putra Karo yang lahir pada tanggal 12 Januari 1921 di desa Suka, kecamatan Tigapanah, kabupaten Karo dan wafat pada tanggal 23 Oktober 1974 di Ottawa, Kanada.
 
Djamin Gintings mengawali karir militernya dengan bergabung ke dalam tentara Pembela Tanah Air (PETA) bentukan Jepang. Namun setelai Jepang menyerah kepada sekutu, satuan tersebut menjadi tidak terurus. Di saat itulah Djamin Gintings menghimpun pasukan dan rekan-rekannya dan membentuk suatu satuan untuk melawan para penjajah seperti Inggris dan Belanda.
 
Selain Djamin Gintings, masih ada 3 nama lain yang juga dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo yaitu Sukarni Kartodiwirjo, Mayjen HR Mohammad Mangundiprojo dan KH Abdul Wahab Hasbullah.
 
Mari hargai jasa para Pahlawan kita!
Mejuah-juah!
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment